Kamis, 25 Januari 2024

Program Manasik Haji bagi Siswa RA. Al-Ikhlas

 

RA. AL-IKHLAS menyelenggarakan Program Manasik Haji. Program ini merupakan salah satu kegiatan pembelajaran yang erat kaitannya dengan indikator perkembangan anak' "Mengenal Rukun Islam" khususnya Haji. Kegiatan ini juga bertujuan untuk menanamkan nilai dan norma Keagamaan yang kuat sejak dini. Melalui peragaan manasik haji cilik ini diharapkan anak-anak dapat mengenal dan mengerti tata tertib haji mantinya. Selain menanamkan rasa syukur kepada Allah SWT, juga mengenalkan pelaksanaan Ibadah Haji, baik melalui materi dan praktek langsung kepada anak-anak.

Tujuan pelaksanaan kegiatan manasaik haji ini adalah :
  1. Memberikan pengalaman dan pemahaman ilmu dasar manasik haji kepada siswa TK/PAUD sedini mungkin tentang kewajiban haji bagi setiap muslim, juga diharapkan dapat berimbas kepada orangtua siswa sehingga yang sudah mampu untuk melaksanakan ibadah haji memiliki ketertarikan untuk melaksanakan rukun islam ke-5 tersebut.
  2. Karena anak-anak usia 4-6 tahun memiliki daya ingat yang kuat, diharapkan juga dengan adanya kegiatan ini bisa merangsang mereka jika sudah dewasa kelak untuk berkeinginan (niat) melaksanakan ibadah haji.
  3. Sebagai Syiar Islam di lingkungan Kecamatan Pringgasela dan sekitarnya.
  4. Sebagai sarana taqarrub kepada Allah SWT agar segera dipanggil untuk bisa melaksanakan ibadah haji.
Dari tujuan Program Manasik Haji ini diharapkan memberikan manfaat yang besar terhadap jiwa keagamaan anak-anak sejak usia dini. 


0 komentar:

Posting Komentar

Mengenal SAGUSABLOG melalui Webinar HARDIKNAS

Memperingati Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2020, di tengah kondisi Work from Home (WFH) karena Pandemi Covid-19 mendorong   Ikatan Guru In...